Saturday, July 18, 2009

Meminta print out lagi SPPT PBB yang hilang

Seringkali kita bingung ketika harus membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) karena lembar SPPT PBB hilang entah kemana. Walaupun sebenarnya jika kita ingat nomor obyek pajaknya, kita dapat membayar langsung via ATM atau internet banking. Namun demikian, kita tetap ingin memperoleh kembali SPPT PBB tersebut untuk keperluan arsip/dokumen terutama ketika melakukan transaksi jual beli rumah/tanah.

Saya baru mengalaminya minggu kemarin. Bingung sekali nyarinya, ke sana kemari tidak ada. Di cari di seluruh rumah tidak ada, dalam lemari tidak ada, di dalam tumpukan dokumen dan buku tidak ada, bahkan sampai di file cabinet yang dikantor dan di safe deposit bank juga tidak ada. Sampai akhirnya putus asa, telpon langsung ke kantor pajak. Kebetulan daerah saya termasuk di kantor pajak Tebet (KPP Pratama Tebet) jalan Raya Tebet no. 9 Jakarta Selatan, telepon 021-8319347-48.

Dari bagian yang mengurusi SPPT PBB, saya diberitahu jika dapat meminta print out SPPT PBB yang baru dengan membawa fotokopi dokumen sebagai berikut:
1. Fotokopi SPPT PBB tahun lalu/sebelumnya (tujuannya untuk mendapatkan nomor obyek pajaknya).
2. Fotokopi NPWP
3. Fotokopi KTP

Jika sudah lengkap, bawa ke kantor pajak di wilayah anda. Saya tidak tahu apa bisa di kantor pajak manapun ya, misalnya daerah saya di Jakarta Selatan, minta di Jakarta Barat. Sepertinya tidak bisa deh. Nanti anda diberi bukti pengambilan. Besok bisa diambil deh, tapi jangan pagi-pagi agak siangan karena pengalaman saya masih belum jadi. Gampang sekali kan.

9 comments:

  1. bayarnya berapa, Bros ?
    Thanks :)

    ReplyDelete
  2. Ralat (Bros menjadi Bos)

    ReplyDelete
  3. Gratis, tidak bayar apa-apa kok.

    ReplyDelete
  4. Klo sppt nya 3 tahun yg lalu ap msh bs untk ngurus sspt yf bru?

    ReplyDelete
  5. Klo sppt nya 3 tahun yg lalu ap msh bs untk ngurus sspt yf bru?

    ReplyDelete
  6. Klo sppt nya 3 tahun yg lalu ap msh bs untk ngurus sspt yf bru?

    ReplyDelete
  7. Kalau SPPT PBB tahun sebelumnya hilang, dan saya belum pernah mencatat Nomor Objek Pajak dari rumah saya, bagaimana cara termudah bagi saya untuk mendapatkannya kembali ya?

    ReplyDelete
  8. wah makasih banyak infonya, kebetulan saya juga nyari sppt tahun ini hilang mau bayar pajaknya jadi susah...emang perlu banget sppt ini apalagi kalo rumah mau di kreditkan atau mau di jual...

    ReplyDelete
  9. pak kalau kita sudah bayar, tp kmd STTS nya hilang, bgm cara mengurus/menggantinya? trims

    ReplyDelete