Friday, May 11, 2012

3 Cara Mengikuti Kuliah Secara Efektif

Seringkali kalian menemui para mahasiswa (atau kamu?) yang merasa sudah rajin ikut kuliah, tapi kok rasanya mata kuliah tidak ada yang nyantol. Yang didapat hanya absen saja. Syukur kalau dinilai karena biasanya bobotnya 10%. Tapi kasihan dong buat teman-teman yang kuliah di UT alias Universitas Terbuka, mereka hanya ngaplo saja. [ngaplo adalah bahasa Jawa yang artinya kurang lebih tidak dapat apa-apa. Padahal setoran IPK yang tinggi buat persyaratan melamar kerja menjadi barang wajib. Jadi, bagaimana tipsnya.

 Pertama, mempunyai minat yang sungguh-sungguh karena ingin belajar sesuatu. Pada hakekatnya yang membedakan mahasiswa pintar dengan yang tidak pintar adalah masalah minat. Kalau IQ nampaknya relatif tidak terlalu banyak pengaruhnya. Kecuali kalau IQ-nya sangat jenius, baru beda pengaruhnya. Mahasiswa yang mempunyai minat yang besar dan bersungguh-sunggu ingin menguasai suatu mata kuliah maka biasa akan lebih pintar.

 Kedua, harus hadi sebelum kuliah dimulai. Datang terlambat di suatu kelas, dengan dosen yang telah menerangkan sebagian materi menyebabkan banyak kerugian. Kita akan terasa terburu-buru karena mengejar waktu kelasnya serta menjadi tidak langsung siap. Selain itu, hal itu juga sangat mengganggu dosen dan teman-teman anda. Yang lebih rugi,anda kelihatan sesi pendahuluan yang biasanya sangat penting untuk memahami keseluruhan materi perkuliahan pada saat itu.

 Ketiga, duduklah pada tempat yang terbaik di ruang kuliah. Ungkapan posisi menentukan prestasi adalah benar sekali. Dengan duduk di tempat yang ideal di ruang kuliah memberikan keuntungan buat kamu sehingga dapat melihat jelas apa yang tertulis di papan tulis. Selain itu, dapat mendengar dengan jelas apa yang dikatakan dosen meskipun ruang kuliahnya sangat besar, misalnya di ruang theater. Hal negatif, jika kamu tidak dapat mendengar suara dosen dengan baik, maka kamu akan mudah tergoda untuk berbicara dengan orang-orang sekitarnya. Akibatnya kamu sama sekali tidak dapat mengikuti isi perkuliahan dari dosen tersebut.

 Begitulah 3 tips mengikuti kuliah secara efektif agar mendapatkan prestasi yang diharapkan. Selamat mencoba semoga sukses.

1 comment: