Wednesday, September 23, 2009

Cara efektif menambah income bagi mahasiswa

Diterima di perguruan tinggi negeri, terutama yang favorit, merupakan impian setiap siswa/siswi. Namun tidak semua siswa dapat diterima dikarenakan seleksinya yang ketat dan besarnya peminat terhadap perguruan tinggi negeri favorit. Sehingga dapat lolos seleksi dan masuk kuliah di universitas negeri merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang siswa. Selain karena kualitasnya yang dijamin bermutu juga biaya kuliahnya relatif murah dibandingkan dengan jalur khusus ataupun perguruan tinggi swasta.

Namun demikian, meskipun biaya kuliahnya relatif murah, tidak semua mahasiswa yang sudah diterima tersebut mampu membayar kuliah dengan mudah. Dengan kata lain, ada kendala biaya, yang terutama disebabkan faktor orang tua yang kurang mampu. Bagi mereka, para mahasiswa yang kurang mampu itu, biaya kuliah yang relatif murah karena sudah disubsidi oleh negara, masih terasa mahal.

Tapi bagi mahasiswa yang ulet dan mandiri, biaya semestinya bukan hambatan untuk meneruskan kuliah dan menyelesaikannya dengan baik dan dalam waktu yang telah ditentukan. Banyak cara bagi mahasiswa yang cerdas dan kreatif sumber-sumber income untuk menopang masa-masa kuliah mereka. Beberapa potensi income yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa kreatif antara lain:

Pertama adalah beasiswa. Umumnya di kampus negeri, beasiswa yang disediakan untuk para mahasiswa cukup banyak, baik dari pemerintah maupun dari perusahaan/lembaga lainnya. Beasiswa tersebut bervariasi, mulai dari beasiswa mahasiswa berprestasi hingga beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu. Jadi bagi yang IPK-nya pas-pasan jangan khawatir, masih ada peluang beasiswa untuk mereka. Tapi informasi mengenai beasiswa ini harus dicari secara aktif, tidak boleh pasif. Harus sering-sering bertanya ke kantor rektorat terutama ke PR III (kemahasiswaan), baca pengumuman, ngobrol dengan teman, serta buka-buka internet.

Kedua adalah menjadi asisten dosen. Aktivitas ini selain memberikan pride, kebanggaan tersendiri, juga bisa memberikan income yang lumayan. Dari asisten dosennya sih ga terlalu, tapi dari dikenal dan diajak proyek dosen itu yang lumayan. Dosen-dosen biasanya lebih suka melibatkan mahasiswa-mahasiswa yang sudah dikenal dan mempunyai kualifikasi seperti para asisten dosen. Selain itu, ilmu yang diperoleh ketika menjadi asisten dosen dan terlibat dalam proyek-proyek para dosen tersebut nanti akan menjadi pengalaman yang berharga pasca lulus kuliah.

Ketiga adalah memberikan les privat bagi siswa sekolah. Kebanyakan mahasiswa universitas negeri menyambi kuliah dengan memberikan les privat. Side job ini lumayan membantu menambah uang saku dan membayar kos. Sebagai ilustrasi pada tahun 2009, mengajar siswa SMA per sesi kurang lebih 1,5 jam, seorang guru privat dengan kualifikasi mahasiswa dihargai sebesar Rp100 ribu. Jika seminggu dua kali, dari seorang murid SMA, maka sebulan akan diperoleh pemasukan sebesar Rp800 ribu. Tapi sepertinya jarang seorang guru les memiliki satu orang murid saja, biasanya sampai 4-8, bisa dibayangkan pendapatannya minimal sebesar Rp3,2 juta. Tentu saja alokasi waktu untuk mengajar lebih banyak siswa juga akan semakin besar. Yang penting jangan sampai mengganggu proses perkuliahan.

Keempat adalah melakukan wirausaha. Orang bilang masa-masa kuliah adalah masa-masa untuk belajar salah dan berani mencoba. Banyak cerita-cerita sukses dari wirausaha yang dibangun sejak jaman kuliah. Seperti usaha mahasiswa Unpad yang sukses dengan jualan pulsa hingga mempunyai berpuluh-puluh counter voucher dan pulsa elektrik. Ada mahasiswa yang sukses dengan usaha bimbingan belajarnya sehingga mempunyai tempat kursus sendiri di kawasan bisnis. Ada juga yang sukses dengan usaha sablon dan percetakan. Juga ada yang sukses dengan usaha software house, warnet/wartel. Ada juga usaha busana, punya cafe, dan lain-lain. Bahkan mereka mendapatkan kebebasan keuangan dengan bisnis yang digelutinya sejak masa kuliah tersebut, tanpa harus pusing melamar pekerjaan pasca kuliah.

Demikian, banyak sekali potensi income tambahan bagi mahasiswa kreatif dan ulet. Di atas hanyalah beberapa tips saja. Apakah anda punya sumber income tambahan lainnya?

No comments:

Post a Comment