Monday, May 26, 2008

Pecel pincuk kalibata




Bagi penggemar kuliner atau makanan, ada makanan khas Jawa yang patut di coba di Jakarta. Namanya pecel pincuk Kalibata karena lokasi warungnya di daerah Kalibata Jakarta Selatan, persis didepan makam pahlawan. Makanan ini terdiri dari sayuran bayam, kecambah dan kangkung biasanya, kemangi atau sayuran lainnya yang guyur dengan bumbu pecel dari kacang yang pedasnya pas. Diberi nama pincuk dikarena pecelnya diletakkan diatas daun pisang atau godhong dengan menggunakan besek. Sebenarnya lebih pasnya pincuk itu menggunakan daun pisang yang dilekuk membentuk kerucut. Tapi mungkin untuk kepraktisan digunakan piring dari besek rotan. Kemudian lauknya ada sate ati ampela, telor puyuh (kalau gak salah), peyek, tahu-tempe sebagai makanan wajib.

Selain menu pecel, warung pecel pincuk kalibata juga menyediakan nasi rawon. Lumayan juga rasanya, seporsi hanya Rp14.000 sudah pakai minuman beras kencur.

Warung ini sepertinya terlihat populer dikalangan warga Jakarta bahkan para selebritis. Didindingnya terpampang sang pemilik bersama Bondan Winarno, master kuliner yang suka muncul di TV, kemudian Tukul, dll. Saya sendiri pernah ketika makan minggu pagi disana bertemu dengan Mulyana Kusuma, mantan anggota KPU 2004.

Menurut saya, makanan di pecel pincuk Kalibata ini, layak dicoba dan harganya relatif terjangkau.

Jakarta, 27 Mei 2008

2 comments:

  1. Sepertinya oke juga nih, mungkin perlu dicoba. Tks.

    ReplyDelete
  2. Iya, kalau malam juga rame banget. Makanannya lengkap, seperti pasar makan malam. Murah-murah.

    ReplyDelete