Wednesday, June 4, 2008

Ketrampilan membaca seri 2: Membangun fondasi yang kuat


Kebenaran ada di luar sana. Jika anda penggemar file seri “X-Files”, maka anda paling tidak pernah mendengar hal-hal yang menakutkan. Ketika agen Mulder dan Scully mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) kejahatan, mereka mencari tahu kebenaran mengenai apa yang telah terjadi. Mereka tidak membiarkan opini-opini asumsi dari petugas kepolisian serta para saksi yang berusaha mempengaruhi mereka mengenai apa yang sesungguhnya telah terjadi. Mereka—Mulder dan Scully—berusaha mencari tahu apa yang sesungguhnya dilihat oleh orang-orang mengenai kejadian tersebut, untuk mencari fakta-fakta. Dengan kumpulan fakta tersebut, mereka membawanya ke laboratorium atau kantor untuk menarik kesimpulannya sendiri. Harus diakui bahwasannya kesimpulan tersebut kadang-kadang agak tidak masuk akal, namun yang paling penting adalah kesimpulan yang diambil tersebut berdasarkan fakta, bukan opini dari pihak lain.

Anda mungkin tidak pernah berpikir seperti ini sebelumnya, namun membaca secara kritis sedikit banyak mirip seperti seorang agen khusus. Ketika seseorang membaca, ia mencari suatu petunjuk, bukan untuk memecahkan suatu kasus kejahatan, tapi untuk memahami apa yang dimaksud oleh penulis. Apa yang diceritakan oleh tulisan ini? Apa yang dikatakan oleh sang penulis? Apa pesan yang ingin disampaikannya? Kadang-kadang seseorang mungkin merasakan kalau si penulis mencoba untuk menyembunyikan makna tulisannya dari dirinya. Tapi bagaimanapun kompleksnya suatu tulisan, si penulis selalu meninggalkan banyak petunjuk bagi seorang pembaca yang teliti untuk ditemukan. Tugas anda sebagai seorang pembaca adalah untuk menemukan petunjuk-petunjuk itu. Anda dapat melakukan ini dengan menjadi seorang detektif yang handal, dalam konteks ini, membuka mata lebar-lebar, dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tepat—dengan kata lain, dengan membaca tulisan tersebut secara cermat dan aktif.

Pada seri-seri tulisan berikutnya, anda akan belajar mengenai dasar-dasar untuk membaca secara komprehensif, yang meliputi:
menemukan fakta-fakta dasar dari suatu tulisan.
menentukan ide pokok dari suatu tulisan.
menentukan arti dari kata-kata yang asing dari konteksnya.
dapat membedakan antara fakta dan opini.

Demikian seri 2 dari teknik membaca, semoga dapat menginspirasi dan memberikan manfaat bagi anda. (Ari)
Sumber gambar: bhorner3.wordpress.com

No comments:

Post a Comment