Wednesday, July 23, 2008

Saya latihan kerja mulai tukang sapu (true story)

Saya meniti karir dengan kerja keras. Benar-benar dari bawah. Tidak langsung mengganti ayah saya sebagai pimpinan pabrik yang saat itu dindingnya masih terbuat dari gedek. Saya membantu ayah di kantor mulai dari tukang sapu, mengantarkan barang kepada pelanggan, hingga menagih pembayaran dari rekanan.

Pekerjaan itu saya lakukan mulai dari beratnya menjadi tukang bersih-bersih, menjadi juru tagih dan sebagainya. Jadi, ini merupakan pelajaran berharga bagi diri saya agar tidak lupa kepada bawahan yang kerjanya juga tak kalah berat.

Yang juga perlu diperhatikan dalam mengembangkan bisnis, adalah membangun kepercayaan. Sebab, bagaimanapun juga bisnis adalah lembaga kepercayaan. Tanpa ada kepercayaan atau kita tidak dipercaya, maka tidak akan mungkin kita bisa sukses dalam berbisnis. Dari sisi etika, kepercayaan juga menjadi modal utama dalam urusan yang lain. Tanpa adanya kepercayaan, kredibilitas seseorang akan hilang.

Selain itu, kita juga harus menganggap kepada seseorang yang memiliki kemampuan berbisnis sebagai guru. Soalnya setiap orang yang memiliki keahlian pada suatu bidang, tentu akan lebih tahu dan lebih menguasai bidangnya. Dari situ, kita akan memperoleh ilmu dan keahlian sebanyak-banyaknya. Sehingga, kita akan memiliki kelebihan bernegosiasi dalam dunia bisnis.

Yang tak kalah pentingnya, kita juga harus bisa memanfaatkan peluang yang ada di sekitar kita. Artinya, kita dituntut memiliki kepekaan terhadap peluang bisnis yang bisa meningkatkan omzet bisnis kita. Jadi, peluang itu harus dapat diwujudkan dengan niat dan tindakan yang nyata. Kepekaan memanfaatkan peluang ini merupakan salah satu modal utama dalam mengembangkan bisnis. Dan, untuk bisa memiliki naluri bisnis yang peka itu harus banyak latihan.

Jadi, bila anda ingin sukses dalam berbisnis, tekunilah bidang yang anda miliki. Kemudian asahlah kemampuan yang kita miliki dengan berbagai cara, seperti sekolah atau belajar secara otodidak. Selanjutnya, asahlah kepekaan itu sesuai dengan bidang kemampuan yang anda miliki. Terakhir belajarlah mandiri dan jangan terlalu bergantung pada bantuan orang lain.

No comments:

Post a Comment