Friday, March 20, 2009

Konsep Dasar Manajemen (Modul 1-1)

Modul 1: Konsep dasar dan sejarah manajemen
Kegiatan belajar 1: Konsep dasar manajemen


A. Pengertian manajemen

1. Definisi manajemen
- Kegiatan mengatur/mengawasi orang bekerja dan mengurus/mengatur administrasi
keuangan dengan baik
- Contoh
Jack Welch (CEO General Electric)
Ray A Kroc (Manajer McDonald's)

2. Pendapat ahli

- Robbins dan Coulter (2005)
Proses mengkoordinasi dan mengintegrasi kegiatan-kegiatan kerja sehingga
dapat dirampungkan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain
Aspek penting
a. Manajemen = proses
b. Dasar manajemen: PIRO
c. Proses koordinasi = efisien
d. Pencapaian tujuan organisasi
e. Dengan orang lain

- Williams (2001)
Menjalankan fungsi merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, mengendalikan
(POLCON-planing, organizing, leading, controlling)
Aspek penting
a. Merencanakan: sasaran dan sarana
b. Mengorganisasi: menetapkan keputusan, orang, dll
c. Memimpin: inspirasi dan motivasi mencapai sasaran
d. Mengendalikan: mengawasi dan mengkoreksi (reward/punishment)

- Follet (Stoner, 1996)
Seni melaksanakan pekerjaan melalui orang lain

- Stoner (1995)
Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha
anggota organisasi dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan
organisasi yang ditetapkan

- Siagian (1992)
Kemampuan/ketrampilan memperoleh sesuatu dlm rangka pencapaian tujuan
melalui kegiatan orang lain
Manajemen adalah inti dari administrasi krn merupakan alat pelaksana utama
dari administrasi

- Henry Fayol (Handoko, 1996)
Planning, organizing, commanding, coordinating, controlling
Fokus: bagaimana organisasi dikelola dan manajer membantu organisasi

- Kesimpulan
Pekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan
mencapai tujuan organisasi dg melaksanakan fungsi planning, organizing,
staffing, leading, controlling

B. Manajemen dan manajer

1. Peran manajemen
- Keilmuan, kepekaan, pengalaman menganalisis lingkungan persaingan dan
menjalankan fungsi manajemen, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan,
pengawasan kegiatan operasional dlm mencapai tujuan organisasi
- Mengelola organisasi butuh banyak ketrampilan, kemampuan, sikap yg membuat
organisasi bergerak, berkembang, inovatif, kreatif, menguntungkan, kompetitif

2. Organisasi
- Sekumpulan orang yg bersepakat utk bergabung dlm kelompok dg ikatan
tertentu, yg menetapkan tujuan tertentu dan berupaya mencapainya

3. Manajemen sbg ilmu dan seni
- Memiliki pola pembuktian ilmiah dan tahapan yang sistematis
- Butuh sentuhan dg kiat khusus, strategi jitu, perasaan, intuisi,
pengendalian emosi, intelegensi tinggi, jiwa motivator, kreatif, inovatif,
komunikatif

4. Mengapa perlu teori dan teknik manajemen
- Meningkatkan efisiensi, mengkristalkan sifat manajemen untuk mencapai tujuan
organisasi

5. Hubungan organisasi dg peran manajemen
- Menjaga dinamika organisasi agar tetap stabil dan berkembang

6. Apa, siapa, mengapa, dan bagaimana peran manajer
- Anggota organisasi yg mengawasi dan mengarahkan pekerjaan anggota serta
mampu berkontribusi tinggi, menunjukkan prestasi kerja, mempunyai keilmuan,
dan mendapatkan hormat dari rekan kerja dalam bidangnya

7. Harapan orang lain thd manajer
- Atasan mengharapkan kontribusi yang besar dan bawahan mengharapkan punya
kemampuan teknis dan manajerial

8. Jenis manajer (Handoko, 1996)
a. Manajer lini (pertama)
Mengawasi dan memimpin tenaga operasional
b. Manajer menengah
Mengarahkan dan membawahi kegiatan manajer lainnya dan juga pegawai
operasional
c. Manajer puncak
Kelompok eksekutif (CEO dan dewan direksi)

Terkait dengan dua fungsi utama manajemen
a. Manajemen administratif
b. Manajemen operatif

Klasifikasi lain (5C)
1. Cash manager
2. Crisis manager
3. Conflict manager
4. Cool manager
5. Change manager

9. Kemampuan manajerial
- Manajer sukses harus punya kompetensi umum dan khusus
- Kemampuan mengatur, mengkoordinasikan, menggerakkan bawahan ke arah tujuan
organisasi
- Muncul melalui proses panjang yang terjadi perlahan-lahan dengan cara
belajar dan mengamati dan terbukti mampu

10. Mengoptimalkan kinerja manajer
i. Pekerjaan menarik
ii. Kesejahteraan memadai
iii. Keamanan bekerja
iv. Penghayatan pekerjaan
v. Suasana kerja baik
vi. Promosi sejalan kompetensi dan kontribusi
vii. Merasa terlibat
viii. Pengertian dan simpati
ix. Kesetiaan manajer
x. Disiplin kerja

C. Manajemen global

1. Manajemen baru era globalisasi
- Perusahaan hrs memiliki staf dan karyawan yg mampu melayani pasar global
sekaligus lokal secara sama
- AFTA 2003

2. Menjadi manajer global
- Semula berfungsi untuk memerintah dan mengawasi, sekarang menjadi pelatih
agar karyawan berdaya
- Memiliki networking, unggul, efisien, dan punya akses thd teknologi informasi
- Dapat beradaptasi, efisien, berwawasan luas, mampu mengambil keputusan,
interpersonal yang baik, mempunyai tujuan
- Berperan sebagai interpersonal roles, informational roles, decisional roles

No comments:

Post a Comment