Thursday, March 26, 2009

Kotoran kaca helm: cara menghilangkan


Helm merupakan sarana pokok berkendara untuk melindungi kepala dari risiko benturan ketika jatuh sekaligus melindungi mata dari silau cahaya dan debu jalanan. Pentingnya helm, terutama kaca, menyebabkan perawatannya juga harus diperhatikan dengan seksama. Karena jika kaca helm kotor/buram, hal tersebut dapat mengganggu pandangan dan konsentrasi saat berkendara. Untuk itu, harus dijaga agar kaca helm tidak kotor, baret, ataupun rusak.

Kaca helm banyak variasinya mulai dari yang bening (clear), smokey light, gelap (dark), hingga yang pelangi. Namun, dari berbagai macam variasi tersebut, kaca helm beninglah yang paling nyaman karena tidak mengurangi daya lihat (visibilitas) pengendara motor.

Cara merawat kaca helm relatif mudah yakni gunakan air bersih dan sabun cair (sabun cuci tangan juga bisa). Hindari deterjen karena butiran deterjen yang kasar dapat merusak permukaan kaca helm. Selain itu hindari pemakaian cairan kimiawi seperti alkohol karena alkohol akan bereaksi dengan kaca helm yang terbuat dari polycarbonate sehingga akan menyebabkan kaca helm menjadi buram. Lepas kaca helm terlebih dahulu, jika tidak dapat dilepas, siram kaca helm dengan air pelan-pelan. Apabila kotoran telah menempel agak lama pada kaca helm, lebih baik dibersihkan dengan tisue basah (dengan air). Tempelkan tisue basah tersebut ke kaca helm, bukan digosok, dan angkat setelah beberapa lama. Ulangi beberapa kali hingga kotoran yang menempel di kaca helm dapat terangkat seluruhnya. Setelah berhasil, siram kembali dengan air bersih dan jangan lupa keringkan dengan kain khusus (jangan pakai tisue).

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment