Saturday, March 21, 2009

Sejarah manajemen (Modul 1-2) - Bagian 3: Aliran hubungan manusia dan manajemen modern

Modul 1: Konsep dasar dan sejarah manajemen
Kegiatan belajar 2: Sejarah manajemen

Aliran hubungan manusia

Neoklasik

Kajian Hawthorne

- Kajian dilakukan pada Western Electric Company Works di Cicero, Illinois

- Mempelajari pengaruh tingkat penerangan thd produktivitas pekerja

- Kesimpulan bahwa intensitas penerangan tdk berhubungan langsung dg produktivitas kelompok

- Mempunyai dampak dramatis thd arah keyakinan menajemen thd peran perilaku manusia dlm organisasi

- Kesimpulan penting (Mayo):
1. perilaku dan sentimen itu erat kaitannya, dimana pengaruh kelompok sangat besar dampaknya pd perilaku individu
2. standar kelompok menetapkan hasil kerja masing-masing karyawan
3. uang tdk begitu menjadi faktor penentu output bila dibandingkan dg standar kelompok, sentimen kelompok dan rasa aman.

Aliran manajemen modern

Manajemen modern

I. Manajemen berdasarkan hasil
- Respon thd kegagalan manajemen ilmiah thd dinamika dunia
- Menginginkan setiap pekerja dan manajer memberikan hasil dan jelas pengupahannya
- Menginginkan laporan yg jelas dan rinci shg semua pihak mampu mengukur kontribusinya

II. Manajemen berdasarkan tanggung jawab sosial
- Tuntutan masyarakat thd manajemen agar lebih bertanggung jawab thdp masalah sosial karyawannya
- Manajer hrs memainkan peranan penting dlm perubahan sosial saat ini dan masa depan

III. Manajemen berdasarkan sasaran (management by objective)

memiliki dua jenis aplikasi:
1. prestasi unit: metode utk mengarahkan dan menilai hasil setiap unit kerja atau lingkup perusahaan keseluruhan
2. prestasi individu karyawan: metode utk memberikan motivasi dan mengukur prestasi setiap karyawan

Kendala MBS:
1. Keengganan utk berubah
2. Rendahnya penentuan sasaran utk dicapai
3. Masalah kuantifikasi tujuan

III. Manajemen berdasarkan pengecualian (management by exception)

- Menyederhanakan proses manajemen yg memungkinkan manajer mudah mencari masalah yg perlu diselesaikan segera

- Mendelegasikan tugas rutin kepada bawahannya (utk sementara)

- Unsur utama:
a. Pengukuran: menetapkan nilai bagi prestasi
b. Proyeksi: perkiraan perusahaan di masa datang
c. Seleksi: menetapkan kriteria utk mencapai tujuan
d. Pengamatan: deskripsi hasil pengukuran
e. Komparasi: telaah diskrepansi antara hasil yg diharapkan dan yg dicapai
f. Pengambilan keputusan: tindakan yg hrs diambil utk kembali ke arah semula

IV. Manajemen terapan

- Diawali oleh Peter Drucker dlm buku Konsep Korporasi (Concept of the Corporation, 1946)

- Dikenalkannya konsep statistik dlm manajemen oleh Fry

- Blackett mengkombinasikan teori statistika dg mikroekonomi dan muncul ilmu riset operasi

- Akhir abad 20 terdeferensiasi menjadi bidang manajemen baru:

1. Manajemen sumber daya manusia

2. Manajemen operasi

3. Manajemen strategi

4. Manajemen pemasaran

5. Mananemen keuangan

6. Manajemen informasi dan teknologi

7. Paradigma the 5th management (knowledge management):

i. fleksibel
ii. externalize risk
iii. karyawan yg heterogen
iv. kualitas mutu terpadu
v. perampingan organisasi
vi. rekayasa keahlian
vii. kompetensi inti
viii. pemberdayaan karyawan
ix. tim kerja
x. tanggung jawab sosial
xi. etika bisnis

No comments:

Post a Comment