Wednesday, October 22, 2008

Cek Air Tanah

Tanya
Moms, dimana tepatnya aku bisa cek air tanah aku ya ? Aku pernah denger di Bendungan Hilir, tapi dimana tepatnya tidak tau ? Trus selain sample air tanahnya, aku harus bawa apa lagi ? Sample nya juga bawa berapa banyak ? Trus biaya nya berapa dan berapa hari hasilnya ? (Mi)

Jawab
Mbak, Beberapa waktu lalu aku juga ngecek air tanahku di PDAM daerah Bendungan Hilir, tepatnya di daerah pejompongan. Alamat tepatnya kurang tau, waktu itu aku naik taksi, trus bilang aja ke PDAM Pejompongan, sampai disana banyak kantor PDAM, tanya ke satpam, lab-nya sebelah mana. Air yang dibawa 1500 liter (satu botol aqua gede), biaya untuk tes standar / kimia (amoniak, zat besi, dll) Rp 40.000, trus kalau nambah tes bakteri (tes biologis) biayanya nanbah Rp 30.000. Waktu itu aku minta dites semua, biayanya habis 70 ribu. Kita bisa dapat hasilnya 7 hari atau 10 hari. Nanti dikasih tau kapan musti ngambilnya, dan dikasih tau pula bahwa air tsb tergolong layak atau tidak, pokoke hasilnya lengkap banget. Lab itu bukanya pagi jam 08.30.

Hasilnya waktu itu aku dapat formulir yang isinya rincian yang di tes (lumayan banyak dari mulai amoniak, zat besi, nitrat, so4 dlll). Disitu ada batas normalnya berapa, dan air kita itu masuk batas normal apa tidak, disitu disebutkan. Demikian juga dengan tes bakteri dan mikrobiologi. Hasilnya itu bisa dibawa pulang, mana tau mau beli filter air, dari hasil itu suplier filter air bisa milihin produknya (lumayan mahal ternyata harga filter air). Waktu itu hasil tes air tanahku dinyatakan kurang layak minum (tapi masih bisa buat nyuci ato mandi, kalau terpaksa) karena zat besinya terlalu tinggi, jadi kalau dipanasin berubah warna jadi kekuningan. Sebenernya kurang bagus juga buat nyuci baju yang berwarna putih, bisa bikin baju kuning. padahal kalau dilihat kasat mata airku jernih. Berhubung zat besi airku tinggi sekali (normalnya 1,0 tapi airku sampe 3,0), aku sempet nanya-nanya soal filter air. Ternyata kalau udah terlalu tinggi agak susah juga, filternya jadi sering rusak dan musti diganti. Padahal harga filternya sendiri sekitar 3-4 jutaan. Akhirnya tiap minggu kita bela-belain ngangkut air dari rumah nenek di Ahmad Yani untuk persediaan 5 hari. Kalau mandi ato nyuci, masih pake air itu (so far gak ada masalah ama kulit, dan lagi dari hasil periksa air semua masih normal kecuali zat besi itu), paling kalau singlet, underwear, ato baju putih suami dicuci di rumah nenekku itu, biar gak cepet kuning. Itulah kalau rumah belum ada PAM, agak repot juga (paling nanti rencananya mo ganti sumur aja, di bor lagi. ato ngajakin satu RT, minimal 10 rumah biar PAM mau pasang tapi, anehnya kata tetanggaku air mereka baik² saja. memang sih kalau dilihat kasat mata jernih, tapi mungkin mereka belum pernah periksain (Re)

Airku air tanah (dan selama ini tidak minat ke PAM.). Memang pakaian putih suka cepet jadi butek, kirain karena si mbak rendam berlama² dulu baru dicuci. Kirain itu lumpur halus yang mengendap ke baju, ternyata zat besi ya? Terus kalau misalnya yang masih bisa difilter, itu yang besinya sampai kadar berapa ? Terus lagi, katanya bisa cek kualitas air di Sucofindo juga ya ? Apakah harganya sama untuk item yang sama ? (Ri)

Mbak, aku kurang ngerti juga apakah yang mengendap itu lumpur halus atau zat besi, soalnya kalau air tanahku itu dilihat kasat mata jernih & bersih. tapi, pas suatu hari aku masak sampe mendidih kok tiba-tiba berubah warna agak kekuningan, padahal sebelumnya gak pernah. mungkin bisa jadi karena pipa sumurnya udah karatan karena udah tua, ato karena sekarang musim kemarau, tapi yang jelas begitu tau aku langsung cek takut kenapa-napa dan ternyata beneran, zat besinya terlalu tinggi. Sebaiknya mbak periksakan aja, apakah itu lumpur halus atau zat besi. Kalau gak salah kadar zat besi yang diatas normal sedikit. Normalnya kan dibawah 1,0, Yang bisa difilter itu kalau gak salah 1,0 lebih dikit, gak sampe 3,0 kayak air tanahku, parah bener ya ? Aku dulu pernah niatan untuk cek di Sucofindo, tapi setelah aku tanya teman sekantor, katanya sucofindo gak bisa tuh, dan aku juga dapat rekomendasi untuk ngecek air di PDAM pejompongan ini dari teman kantorku itu. Jadi, aku gak ngerti juga gimana prosedurnya untuk periksa air di Sucofindo ini. Kalu gak salah pernah ada moms yang menginformasikan deh? (Re)

Bisa cek air dari pembahasan sebelumnya yang di Jakarta testnya di Sucofindo, tapi sorry no telpnya lupa, aku harus cari dulu, kalau ngak salah biayanya utk Rp.250.000 (Ni)

Katanya PDAM yg di Pejompongan udah nggak terima utk tes air tanah tuh. Ini info dari milis sebelah :
Selain Sucofindo, tempat yg relatif murah di BPOM (Badan Pengawas Obat & Makanan), Jl. Percetakan Negara, Jakpus.
Bawa sample airnya 1,5 liter.
Biayanya tidak sampai Rp 100.000 (kalau tidak salah Rp 75.000)
Hasilnya 1 bulan setelah sample diterima.(Wn)



2004-01-05 15:11:39
Sumber: dunia-ibu.org

No comments:

Post a Comment