Tuesday, October 28, 2008

Prinsip diet anak satu tahun

Ada sedikitnya 6 hal yang harus diperhatikan orangtua dalam memberikan makanan pada anak yang berusia 12 bulan.


Anak sangat memerlukan asupan makanan, jangan samakan lagi dengan sebelum ia berumur 6 bulan dimana ASI sudah cukup. Setiap makanan yang bergizi yang diperlukan masuk. Nilai gizi yang berbeda pada setiap makanan bisa membuat kita menentukan kapan makan ‘besar’ kapan ‘nyamil’. Contoh gampangnya coklat dan pisang sama-sama 100 kalori pasti beda volume.
Jangan lewatkan memberi makan secara teratur. Keteraturan penting dimulai dari sangat dini. Kantung perut bayi masih sangat kecil kapasitasnya
Kegemukan bisa terjadi pada anak satu tahun, jangan berpikir itu lucu, tapi juga jangan melakukan pembatasan berlebihan terhadap makan anak.
Karbohidrat Kompleks. Roti, sereal, nasi merah, buah dan sayur mengandung KH Kompleks. Dibandingkan memberikan makanan dengan KH (gula) sederhana, seperti gula, madu, tepung halus dan makanan yang dibuat dengan ini. Hal ini perlu dipadukan dengan tidak membiasakan anak tidak diberikan gula. Karena selain merusak gigi, gula akan menyebabkan terus menyenangi makanan bergula. Jangan samakan dengan makanan manis. Anak anda masih membutuhkan gula dari buah dll.
Makin alami sajian makin baik. Dibeberapa literatur diharapkan penyajian masih dalam bentuk alaminya.
Jadikan kebiasaan makan yang baik ini adalah kebiasaan anda juga dan seluruh keluarga.
Kebutuhan harian
Kebutuhan harian bagi anak usia 1 tahun adalah sebagai berikut.

Kalori : 900 - 1350. Ngga usah repot-repot mengukur kalori asupan. Ikuti pertumbuhan pada balita melalui KMS. Itu sudah cukup. Bila perlu berat badan mengikuti perkembangan di satu pita hijau saja.
Protein 4 bagian. Makanan berkalsium - 4 bagian juga. Jadi ½ gelas susu yang diperkaya dengan kalsium. Termasuk didalamnya produk-produk dairy seperti keju.
Makanan mengandung vitamin C - 2 bagian atau lebih.
Sayuran hijau dan buah kuning (wortel) atau kacang-kacangan- 2 bagian.
Makanan yang mengandung zat besi beberapa bagian perhari (ada dalam kacang-kacangan, jeroan, hati (yang dari hewan juga mengandung kolesterol, jadi jangan terlalu sering)
Makanan berlemak 6-7 bagian. Setara ½ sendok makan minyak tidak jenuh.
Makanan asin. Batasi pemberian garam terlalu banyak. Tapi juga harus difortifikasi dengan iodium. Bila berada di daerah endemis berat anda perlu minta kapsul iodiol ke bidan di desa atau puskesmas/puskesmas pembantu.
Buah dan sayuran lain.
Cairan - empat sampai enam cangkir sehari.
Tambahan vitamin dan mineral.
Tidak seperti daftarnya yang cukup panjang sebenarnya kebutuhan harian anak sangatlah simple :

makan 3 porsi cukup nasi tim (sudah termasuk sayuran dan lauk) ditambah 4 gelas kecil susu, dan buah-buahan (1 kali sari buah) .

Setiap anak mempunyai keunikan sendiri karena itu keragaman pemberian makanan sangat diperlukan agar tidak cepat bosan dengan satu jenis makanan.

(balitakami.wordpress.com)

No comments:

Post a Comment